CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 22 Juni 2013

Bagaimana Cara Bunglon Mengganti Warna Tubuhnya?


Bunglon adalah binatang yang ajaib yang bisa menggant-ganti warna kuiltnya. Tujuannya adalah untuk menyamar ketika berburu serangga, dan untuk perlindungan diri agar tidak terlihat oleh pemangsa. Selain itu bunglon juga binatang yang paling baik kemampuannya dalam mengubah warna kulitnya. Bunglon bisa menangkap mangsa dengan rnudah karena warna tubuhnya diubah menjadi sama dengan lingkungan sekitarnya sehingga tidak terlihat oleh serangga yang akan ditangkapnya. Bagaimanakah cara bunglon mengganti warna kulitnya? Bunglon punya banyak pegmen di bawah kulitnya. Pigmen ini berwarna cokelat, hijau, dan kuning. Bila sel pigmen ini mengecil warnanya menjadi pudar dan bila sel pigmen ini mernbeser warnanya menjadi pekat Dengan mengatur pigmen apa saja yang rnembesar atau mengecil dan berapa banyak sel pigmen yang membesar atau mengecil, bisa diperoleh berbagai macam warna.
                         



Perubahan warna tubuh bunglon ini dipengaruhi oleh berbagai macam kondisi,
antara lain suhu lingkungan, kekuatan cahaya dari lingkungan, dan apa yang sedang dirasakan. Misalnya, sedang merasa ketakutan atau sedang merasa menang. Semuanya itu mengubah wama kulitnya.

(Sumber : Written by Configurasi Quasars Design, Cartoneed by Song Jun Pil. (2010). Oh, Don’t You Know That. Jakarta: PT Elex Media Komputindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar