CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 22 Juni 2013

Mengapa Ikan Laut Tidak Hidup di Air Tawar?

Sebagian besar ikan laut akan mati bila dikeluarkan dari laut dan dipindahkan ke air tawar, atau ikan air tawar dipindahkan dari air tawar ke air laut. Tetapi ada juga jenis belut dan ikan salmon yang bisa hidup dengan air tawar di sungai maupun air yang asin dilaut.


                            
Penyebabnya adalah fenomena osmosis. Bila air tawar dan air asin dipisahkan oleh membrane, air tawar akan menembus mebran menuju ke air asin. Secara umum, air akan berpindah  dari cairan yang konsentrasinya rendah ke cairan yang konsentrasinya lebih pekat. Aliran akan berhenti setelah kepekatannya sama.
Tubuh ikan sudah mempunyai control osmosis sesuai lingkungan yang seharusnya. Bila dipindahkan ke jenis air yang jauh berbeda kadar garamnya, control osmosis tidak mampu lagi mengatur kadar cairan di dalam tubuhnya. Akibatnya ikan akan mati.



Ikan laut ketika bernapas memasukkan air ke dalam mulutnya dan keluar melalui insang. Insangnya mempunyai sel khusus yang menolak garam. Air yang diminum pun akan dibuang garamnya melalui kencing. Kencing ikan laut berkadar garam tinggi.
Yang terjadi pada ikan air tawar adalah sebaliknya. Air tawar kadar garamnya rendah. Ikan air tawar berusaha mengabsorspsi (menyerap sacar aktif unsure garam dari air atawar denagn banyak minum dan banyak kencing


(Sumber : Written by Configurasi Quasars Design, Cartoneed by Song Jun Pil. (2010). Oh, Don’t You Know That. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Halaman: 16)

2 komentar: