CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 22 Juni 2013

Mengapa Semut Tidak Mati Bila Jatuh dari Tempat yang Tinggi?

Ada dua macam gaya yang bekerja pada benda yang dijatuhkan dari atas-bawah. Yang pertama. semua benda yang ada di atas bumi jatuh be bawah karena adanya gaya gravitasi bumi. Dalam pembicaraan sehari-hari biasa disebut sebagai jatuh ke tanah.


Yang kedua, adalah gaya yang menghambat benda yang sedang melayang jatuh. Gaya hambat ini muncul dari partikel-partikel udara. Gaya hambat ini arahnya k atas. Karena gaya gratvitasi ke bawah lebih besar daripada gaya hambat ke atas, benda bergrak ke bawah.

Berapa bsar gaya ke bawah bisa diketahui dari percepatan gravitasi bumi dan massa benda. Besarnya gaya hambat oleh udara bisa diketahui dengan membandingkan kecepatan benda di udara dibandingkan dengan kecepatan di ruang hampa. Besarnya tenaga bisa dihitung dari ketinggian benda.

Serangga yang kecil seperti semut ketika jatuh gaya ke bawahnya juga kecil karena ditahan oleh gaya hambat udara. Udara menahan gerak jatuh semut, sehingga semut jatuh secara perlahan-lahan. Bila diruang hampa, smut akan jatuh dengan keras karena gaya hambatnya nol.
(Sumber : Written by Configurasi Quasars Design, Cartoneed by Song Jun Pil. (2010). Oh, Don’t You Know That. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Halaman: 80-81)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar